Ternyata Begini Sebenarnya Penyakit Kanker

jenis dan pencegahan kanker

Belum lama ini kita dikejutkan dengan meninggalnya aktris dan penyanyi dangdut JuPe alias Julia Perez alias Yulia Rahmawati dikarenakan penyakir kanker serviks.

Sebelumnya juga telah meninggal dunia artis Yana Zein, juga diakibatkan penyakit kanker, beda dengan JuPe, kanker yang diderita Yana Zein adalah kanker payudara.

Ada banyak orang yang meninggal dunia akibat penyakit kanker, tenyata penyakit kanker itu ada banyak macamnya, berikut ini adalah beberapa jenis kanker yang berbahaya (dari berbagai sumber) :

  1. Kanker Darah (Leukimia), ada banyak jenis leukemia atau kanker darah dan semuanya menyerang jaringan tubuh yang membentuk darah seperti sumsum tulang dan sistem limfatik. Kanker darah mengakibatkan kelebihan produksi sel darah putih yang abnormal.
  2. Kanker Payudara, berkembang di dalam jaringan payudara. Kanker payudara ini dapat mulai tumbuh di dalam saluran susu, kelenjar susu, jaringan ikat maupun jaringan lemak pada payudara.
  3. Kanker Paru-Paru, gejalanya seperti batuk secara berkelanjutan hingga mengalami batuk darah, selalu merasa kehabisan napas, kelelahan tanpa alasan,dan penurunan berat badan akan muncul.
  4. Kanker Otak, kanker atau tumor otak adalah hasil dari pertumbuhan sel-sel di otak secara tidak wajar dan tidak terkendali. Tidak semua tumor otak bersifat ganas sehingga bisa dikategorikan sebagai kanker. Kanker otak ganas adalah tumor yang cepat menyebar ke bagian lain otak dan tulang belakang.
  5. Kanker Serviks, kanker yang muncul pada leher rahim wanita dimulai ketika sel-sel yang sehat mengalami mutasi genetik atau perubahan pada DNA. Mutasi genetik ini kemudian mengubah sel normal menjadi sel abnormal. Gejala kanker serviks yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause.
  6. Kanker Prostat, kanker yang tumbuh pada bagian prostat. Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat berada di bawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar prostat mengelilingi uretra, yaitu saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke penis.
  7. Kanker Gelenjar Getah Bening, kanker ini menyerang limfosit, sejenis sel darah putih dan ditandai oleh kelenjar getah bening yang membengkak, demam dan mengalami penurunan berat badan.
  8. Kanker Hati, biasanya kanker ini disebabkan oleh sirosis hati akibat dari kerusakan hati kronis ( penyakit hati kronis), hal ini disebabkan karena konsumsi alkohol yang berlebihan. Kanker hati berhubungan erat dengan kanker saluran empedu intrahepatik yang merusak saluran yang berperan membawa empedu dari hati untuk disalurkan ke usus kecil.
  9. Kanker Pankreas, muncul di jaringan pankreas yang membantu pencernaan dan mengatur metabolisme. Deteksi dan penanganan sejak dini sulit dilakukan karena seringkali bersifat diam-diam dan cepat menyebar.
  10. Kanker Esophageal, dimulai dalam sel-sel yang melapisi esofagus, yaitu tabung yang membawa makanan dari tenggorokan ke perut, dan biasanya terjadi di bagian bawah kerongkongan.

Sebenarnya ada 100 jenis penyakit kanker lainnya yang tentunya akan berbahaya juga kalau tidak diobati secara teratur, tetapi jenis kanker diatas yang paling banyak menyebabkan kematian.

Wah, ngeri banget setelah baca jenis-jenis kanker diatas..

Ternyata kanker itu bisa dicegah, berikut cara pencegahannya (dikutip dari berbagai sumber) :

  1. Memeriksakan diri sejak dini, penyakit kanker juga bisa disebabkan faktor keturunan, jika ada keluarga atau saudara Anda yang pernah menderita kanker, ada baiknya Anda memeriksakan diri.
  2. Mengatur pola makan, hindari makanan siap saji, makanan berlemak, makanan yang mengandung bahan pengawet, makanan yang mengandung pewarna buatan, makanan yang mengandung pemanis buatan, dan hindari juga alkohol dan rokok. Selain itu banyak mengkonsumsi buah dan sayuran serta makanan berserat akan sangat baik untuk tubuh.
  3. Menghidari emosi berlebihan dan stress, emosi ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keseimbangan kerja berbagai sistem dalam tubuh. Emosi yang tidak terkendali lebih disertai stres yang berkepanjangan bisa merusak berbagai keseimbangan dalam tubuh dan bisa memicu berbagai penyakit baik berat maupun ringan.
  4. Memperbanyak kegiatan fisik, jangan malas untuk banyak bergerak. Tubuh yang terlalu lama diam (kurang gerakan) bisa memicu penyakit kanker. Perbanyak kegiatan yang bisa meningkatkan gerak fisik kita seperti olah raga, jalan kaki, bersih-bersih rumah sendiri dan lain sebagainya. Lakukan secara rutin dan teratur.
  5. Memperbanyak konsumsi vitamin, kandungan antioksidan yang sangat berguna untuk mencegah kanker banyak dimiliki oleh vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.
  6. Perilaku seks yang sehat, tidak berganti-ganti pasangan dalam hubungan seks juga menjadi cara jitu mencegah kanker. Banyak kasus kanker setelah diteliti ternyata disebabkan oleh perilaku seks yang tidak sehat.

Dan yang paling penting adalah kita banyak beribadah dan berdoa sesuai agama dan kepercayaan kita masing-masing, karena sebaik-baiknya kita mencegah, hasil akhir Tuhanlah yang menentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *